social media marketing agency

Ini Dia Tugas Social Media Marketing Agency Dalam Pemasaran Digital

Saat ini, jumlah pengguna media sosial sudah sangat menjamur dan menyentuh berbagai kalangan. Selain mempermudah dalam berkomunikasi dan menemukan orang-orang dengan jarak jauh, hal tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana pemasaran atau pengenalan sebuah usaha, lho! Apalagi kini sudah ada social media marketing agency yang merupakan agensi yang menyediakan layanan jasa pemasaran digital yang terfokuskan di berbagai platform media sosial.

Strategi pemasaran yang satu ini menjadi salah satu strategi pemasaran yang sangat efektif dan relevan dengan keadaan sekarang. Ya, penggunaan media sosial sebagai sarana mempromosikan produk/jasa telah menjadi bagian penting dari strategi pemasaran di era modern seperti saat ini. 

Apa Itu Social Media Marketing Agency?

Social media marketing agency sendiri merupakan salah satu agensi pemasaran digital yang menggunakan media sosial sebagai sarana untuk mencapai tujuan pemasaran. 

Tujuan disini bisa berupa peningkatan angka penjualan, perluasan jangkauan merek atau meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap suatu produk. Agensi ini melibatkan penggunaan berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan lain sebagainya untuk membangun brand awareness dari sebuah produk, meningkatkan keterlibatan pengguna hingga akhirnya menghasilkan konversi yang menguntungkan. 

Dalam social media marketing, agensi akan mengemban berbagai tugas dan strategi yang akan dilakukan guna mencapai hasil yang optimal bagi para kliennya. 

Lalu, apa sajakah tugas dari sebuah agensi dalam melakukan pemasaran sehingga bisa mencapai tujuan tersebut? Untuk mengetahuinya, pastikan Anda simak artikel ini sampai tuntas, ya!

Tugas Social Media Marketing Agency

Tanpa berlama-lama, berikut adalah beberapa tugas agensi dalam melakukan social media marketing, diantaranya yaitu:

  1. Melakukan riset dan menganalisis pasar

Sebelum memulai proses pemasaran atau menjalankan kampanye di media sosial, langkah pertama yang akan dilakukan oleh oleh agensi tersebut yaitu mereka akan melakukan riset dan menganalisis pasar. 

Mereka akan mencari pemahaman dan informasi mendalam terkait target pasar, tren industri, perilaku konsumen, hingga menganalisis kompetitor. Dengan demikian, mereka dapat mengidentifikasi platform media sosial mana yang paling relevan untuk digunakan sebagai sarana pemasaran. Tak hanya itu, dengan analisis yang tepat juga agensi akan dapat menentukan strategi konten seperti apa yang sesuai untuk menarik perhatian audiens yang menjadi target.

  1. Merencanakan strategi

Setelah riset dan analisis pasar selesai, selanjutnya agensi akan membuat rancangan strategi yang tepat untuk melakukan kampanye. Rencana disini mencakup beberapa hal, seperti tujuan yang ingin dicapai, target audiens, pesan yang ingin disampaikan serta taktik pemasaran yang akan digunakan. 

Rancangan strategi ini akan menjadi panduan utama dalam menjalankan kampanye social media marketing.

  1. Pembuatan konten kreatif

Dengan konten yang unik, kreatif serta relevan, hal tersebut dapat menarik perhatian audiens. Dengan kata lain, konten menjadi salah satu kunci sukses dalam pemasaran di media sosial. 

Nah, agensi akan bertugas untuk menciptakan konten yang mampu menarik perhatian pengguna sehingga mendorong mereka untuk menggunakan produk yang ditawarkan. Adapun konten tersebut bisa berupa gambar, video, tulisan, atau infografis yang menghibur namun tetap mampu menyampaikan informasi yang ingin disampaikan.

  1. Mengelola dan akun media sosial

Setelah membuat dan meluncurkan iklan di media sosial, langkah selanjutnya mereka akan melakukan pemantauan dan mengelola akun media sosial. Agensi akan terus memperbarui konten secara teratur, menjawab pertanyaan atau komentar, hingga melakukan analisis kinerja untuk memahami apa yang berfungsi dan apa yang perlu ditingkatkan.

Itulah dia beberapa tugas social media marketing agency dalam upaya mengenalkan bisnis dari para kliennya. Tertarik untuk menggunakan jasa mereka? Segera hubungi IDEOWORKS sekarang juga!


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *