ruam popok

Faktor Penyebab Ruam Popok Serta Cara Pengobatannya

Bayi yang sedang dalam masa pertumbuhan, umumnya akan rentan terkena permasalahan pada kulitnya, termasuk ruam popok. Yang dimana kondisi ini akan membuat bayi seolah terlihat tidak nyaman ketika beraktivitas, dan juga kesulitan untuk tidur. 

Gejalanya bisa dikenali dengan berbagai tanda, seperti munculnya kemerahan, bintik-bintik lembaran putih, luka terkelupas dan lain sebagainya. Sebagai orang tua, kita tentunya tidak ingin melihat si kecil menderita akan hal ini bukan? Untuk itu simak penyebab serta cara pengobatan ruam ini, yang akan dijelaskan pada ulasan di bawah ini. 

Berbagai Faktor Penyebabnya

Umumnya, ruam popok pada bayi ini bisa diakibatkan oleh berbagai faktor sebagai berikut: 

  • Lembab pada area pemakaian popok
  • Gesekan kulit dengan pemakaian popok yang terlalu sempit
  • Reaksi terhadap produk bayi yang mengandung alkohol
  • Infeksi jamur 
  • Terlalu lama terkontaminasi dengan air kencing dan tinja

Cara Pengobatannya

Untuk cara pengobatannya sendiri, bisa Anda simak sebagai berikut:   

  • Bersihkan Secara Lembut

Selalu bersihkan kulit bayi Anda secara lembut, dengan menggunakan kain lembut dan air hangat. Ini akan membantu mengurangi peradangan serta mempercepat proses pemulihan ruam.   

  • Keringkan dengan Perlahan

Membersihkan kulit bayi yang terkena ruam, pastikan Anda melakukan nya secara perlahan dengan cara menepuk-nepuknya. Hindari dengan cara menggosok kulitnya, karena bisa memicu iritasi pada kulit bayi. 

  • Oleskan Krim Anti-Ruam

Pada area yang terkena ruam, oleskan krim anti-ruam popok yang mengandung zinc oxide atau krim pelindung lainnya, yang sudah direkomendasikan oleh dokter. 

  • Biarkan Tanpa Popok

Mengobati ruam ini juga bisa Anda berikan kesempatan kepada kulit bayi untuk bernapas sejenak. Biarkan bayi tanpa menggunakan popok dalam beberapa menit, agar kulit bayi bisa terkena udara segar. 

Memastikan bayi terbebas dari masalah ruam popok ini, tentunya akan membuat orang tua menjadi turut senang dan bahagia. Dalam bentuk pencegahannya, orang tua bisa memilihkan produk popok dari MAKUKU, yang dikenal dengan kemampuan menyerap cairannya yang sangat baik, sehingga akan mencegah terjadinya ruam pada bayi. 


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *