gejala awal kehamilan

Berikut 5 Gejala Awal Kehamilan Lainnya

Telat haid bisa disebabkan oleh banyak faktor. Misalnya seperti stres, kelebihan atau kekurangan berat badan, gaya hidup, hingga hormon. Untuk Anda yang sering telat haid, pastikan mengetahui gejala awal kehamilan yang lainnya untuk memastikan kehamilan. Pasalnya, Anda perlu mengetahui kehamilan sejak dini untuk menjaga kondisi janin.

Gejala Awal Kehamilan Selain Telat Haid

Telat haid menjadi gejala umum kehamilan. Namun belum tentu telat haid menandakan Anda hamil, bisa saja memang pengaruh dari hormon. Berikut ini merupakan gejala lain kehamilan selain telat haid: 

1. Kram Perut

Telat haid disertai dengan kram perut merupakan gejala kehamilan yang pertama. Pada umumnya, kram perut pada kehamilan mirip dengan PMS atau premenstrual syndrom. Hanya saja Anda tidak kunjung haid setelahnya. Selain itu, kram perut karena kehamilan terjadi minggu 1 sampai minggu 4 setelah pembuahan.

2. Perubahan Puting Payudara

Apakah payudara Anda terasa nyeri? Telat haid tersebut mungkin menjadi tanda-tanda kehamilan. Nyeri pada puting payudara juga terjadi saat awal haid. Akan tetapi nyeri yang menandakan kehamilan berlangsung lebih lama. Selain itu, payudara juga membesar dan lebih sensitif.  

3. Peningkatan Suhu Basal Tubuh

Jika telat haid disertai dengan peningkatan suhu basa tubuh, maka kemungkinan besar Anda hamil. Suhu basal tubuh adalah suhu tubuh saat istirahat atau tidur. Telat haid akibat hormon tidak akan menyebabkan peningkatan suhu basal tubuh, kecuali setelah olahraga atau bergerak aktif. 

4. Perubahan Lendir Serviks

Wanita hamil memiliki lendir serviks yang lebih kental. Biasanya muncul setelah pembuahan hingga masa kehamilan. Namun jika telat haid karena hormon, Anda tidak akan menemukan lendir serviks yang kental. 

5. Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat

Gejala terakhir yaitu frekuensi buang air kecil meningkat pada wanita hamil. Pada saat hamil, ginjal akan memproses lebih banyak cairan. Jadi, kantung kemih akan lebih cepat penuh. Sedangkan telat haid karena hormon umumnya tidak membuat wanita lebih sering buang air kecil. 

Itulah gejala awal kehamilan selain telat haid yang perlu Anda ketahui. Anda yang sudah menyadari kehamilan perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Selain itu, Anda juga perlu mengonsumsi multivitamin seperti Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold. 

Kandungan vitamin dan mineral, termasuk asam folat membantu perkembangan janin. Produk Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold ini juga bisa dikonsumsi ibu menyusui. 


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *