motor listrik

Intip Perkembangan Sepeda Motor Listrik yang Kian Populer

Saat ini, sepeda motor bertenaga listrik tengah menjadi sorotan masyarakat di tanah air. Model hingga performanya pun kian berkembang ke arah yang lebih maju dan modern. Kepopuleran motor listrik tidak lepas dari perkembangannya yang membuat kendaraan tersebut kini menjadi sebuah kendaraan roda empat yang layak disandingkan dengan motor konvensional.

Nah, di artikel ini, kami akan coba menjelaskan kepada Anda terkait perkembangan dari motor atau kendaraan yang satu ini. Jadi, pastikan Anda menyimak artikel ini hingga selesai agar tahu perkembangannya.

Awal Mula Sepeda Motor Bertenaga Listrik

Sepeda motor konvensional merupakan evolusi dari sepeda roda dua. Pertama kali ditemukan pada tahun 1868. Singkat cerita, motor konvensional kemudian mengalami perkembangan kembali dengan hadirnya mesin empat tak menjadi silinder 100cc.

Perkembangan motor konvensional saat ini hadir lebih modern dengan hadirnya motor bertenaga listrik yang sudah masuk ke pasar Indonesia. Kendaraan ini menjadi solusi kendaraan yang irit jika kita bandingkan dengan kendaraan bertenaga bensin.

Pemerintah Indonesia saat ini bahkan berambisi memproduksi setidaknya 1,2 juta unit motor bertenaga listrik.

Pemerintah Indonesia mulai serius memproduksi kendaraan listrik ini agar Indonesia tidak ketergantungan dengan kendaraan berbahan bakar minyak fosil.

Di sisi lain, saat ini bahkan ada banyak produk motor listrik yang sudah mulai hadir di Indonesia dengan desain dan mesin yang jempolan. Bahkan, daya baterainya pun bertahan lebih lama sehingga motornya bisa Anda gunakan untuk perjalanan jauh.

Perkembangan Motor Listrik

Sejarah awal motor bertenaga listrik hingga saat ini masih belum jelas asal muasalnya. Akan tetapi, kita bisa menilik ke abad 19, tepatnya pada tanggal 19 September 1895. Pasalnya, di tahun tersebut, ada permohonan hak paten atas “sepeda listrik” oleh Ogden Bolton Jr, di Canton, Ohio.

Setelah itu, pada tanggal 8 November tahun 1895, permohonan paten lain untuk “sepeda listrik” juga diajukan oleh Hosea W. Libbey dari Boston. Artinya, awal abad 90 adalah awal hadirnya motor bertenaga listrik di dunia.

Pada Pameran Sepeda Stanley tahun 1896, di London, Inggris, produsen sepeda bernama Humber memamerkan sepeda tandem listrik. Sepeda motor bertenaga listrik ini terbilang sudah mulai modern karena dilengkapi dengan baterai untuk menyimpan tenaga.

Motor bertenaga listrik Humber juga sudah dilengkapi dengan mesin yang digunakan pada mobil yang letaknya berada di roda belakang bagian depan. Sementara itu, kontrol untuk mengatur kecepatan ada di bagian setir.

Beberapa tahun setelah hadirnya sepeda motor bertenaga listrik pertama, majalah Popular Mechanics edisi Oktober 1911 kembali mengenalkan sepeda motor bertenaga listrik dengan kemampuan yang lebih maju lagi. Kendaraan baru yang dikenalkan tersebut memiliki jangkauan 121 km hingga 160 km dalam sekali pengisian daya.

Kenapa Harus Memilih Motor Bertenaga Listrik?

Saat ini motor bertenaga listrik sudah mulai mampu menggeser motor konvensional. Sebut saja salah satunya motor listrik dari ALVA AUTO yang kini menghadirkan dua produk motor bertenaga listrik yaitu ALVA ONE dan ALVA CERVO.

Ingin tahu kenapa motor bertenaga listrik saat ini banyak disukai dan banyak dijadikan solusi kendaraan yang mampu menggeser motor konvensional? Berikut adalah alasan-alasannya.

  1. Suara tidak bising dan relatif senyap.
  2. Irit pengeluaran karena menggunakan baterai.
  3. Perawatan mudah dan murah.
  4. Ramah lingkungan.

Demikian informasi seputar perkembangan dan sejarah awal mula motor listrik di dunia yang saat ini sudah mulai populer di tanah air. Bagaimana, tertarik untuk memilikinya?.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *