Jangan Buru-Buru Ke Dokter, Simak 5 Cara Menyembuhkan Batuk Pada Anak

0
216
Cara menyembuhkan batuk pada anak
Cara menyembuhkan batuk pada anak

Anak-anak rentan terpapar kuman atau bakteri yang dapat menyebabkan mereka sakit karena mereka masih belum paham pentingnya menjaga kebersihan. Salah satu reaksi umum jika akan terpapar bakteri yaitu batuk. Ketika mendapati si kecil batuk Anda tidak perlu cemas berlebihan dan segera membawanya ke dokter karena Anda dapat mencoba mengobatinya sendiri terlebih dahulu. Cara menyembuhkan batuk pada anak dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah.

6 Tips Redakan Batuk Anak

Di bawah ini merupakan beberapa cara sederhana dan mudah yang bisa Anda coba untuk meredakan batuk si kecil.

Air Garam

Cara mengobati batuk pada anak dapat menggunakan bahan dapur seperti garam. Hal ini disebabkan kandungan mineral pada garam dapat membunuh kuman atau bakteri yang bersarang di dalam mulut dan tenggorokan. Selain dapat digunakan untuk mengatasi batuk, garam juga dapat meredakan sakit tenggorokan dan mengencerkan dahak. 

Mengobati batuk dengan cara ini sangat mudah karena Anda hanya perlu menyiapkan air hangat dan garam secukupnya. Aduk larutan garam dan air hangat agar tercampur merata lalu gunakan untuk berkumur. Dampingi dan inginkan anak agar tidak meminum larutan air garam tersebut.

Madu

Madu merupakan salah satu produk yang dihasilkan oleh lebah dan mempunyai banyak manfaat baik untuk kesehatan. Rasanya yang manis membuat madu lebih mudah dikonsumsi oleh anak-anak. Dextromethorphan yang terdapat pada madu inilah yang berperan efektif untuk meredakan batuk. Menariknya lagi, dengan memberikan madu pada anak juga dapat meningkatkan kualitas tidur mereka di malam hari.

Cara mengobati batuk menggunakan madu dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti mengkonsumsi satu sendok madu langsung, mencampur madu dengan air hangat dan perasan lemon serta dimakan dengan makanan lain. Pengobatan batuk menggunakan madu ini cocok diberikan untuk anak-anak yang berusia lebih dari 1 tahun.

Bawang Merah

Mengobati batuk dengan cara tradisional dapat dilakukan dengan menggunakan bumbu dapur bawang merah. Pengobatan tradisional ini aman dan tidak membahayakan kesehatan si kecil. Anda dapat mengambil tiga atau lima siung bawang merah lalu kupas dan cuci bersih. Iris-iris tipis semua bawang tersebut lalu letakkan di atas piring. Anda hanya perlu meletakkan irisan bawang merah tersebut di dekat tempat tidur si kecil. Kandungan zat yang keluar bersama uap bawang merah tersebutlah yang mampu meredakan batuk pada si kecil.

Lemon

Lemon merupakan buah dengan rasa asam dan termasuk dalam golongan superfood. Kandungan zat aktif pada lemon efektif untuk mengatasi bakteri dan infeksi pada saluran pernapasan sehingga dapat meredakan batuk. Anda dapat mencampurkan air perasan lemon dengan air hangat agar tidak terlalu asam sehingga tidak menyakiti tenggorokan si kecil. Agar batuk segera redah maka perbanyak minum air lemon dalam selang waktu tiga jam.

Nanas

Cara mengobati batuk yang juga disukai anak-anak yaitu dengan menggunakan buah nanas. Buah tropis ini mengandung senyawa bromelain yang berperan aktif dalam meredakan batuk dan mengencerkan lendir. Anak-anak pasti menyukai buah dengan rasa asam dan manis dengan mengkonsumsinya secara langsung. Anda juga dapat membuatnya menjadi jus sehingga terasa lebih segar pula. Buah ini sangat terjangkau dan biasa Anda dapatkan di supermarket.

Itulah lima cara menyembuhkan batuk pada anak menggunakan bahan-bahan rumahan. Jika Anda sudah mencoba menggunakan cara-cara diatas namun batuk tak kunjung redah maka sebaiknya Anda memeriksakan si kecil ke dokter. Sekian dan semoga bermanfaat.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here