Inilah Bedanya Jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi

0
84
jurusan Teknik Informatika

Teknik Informatika dan Sistem Informasi adalah dua jurusan di bidang ilmu komputer yang paling populer saat ini. Hampir semua perguruan tinggi di bidang ilmu komputer menawarkan kedua jurusan tersebut. Bagi calon mahasiswa baru, memilih antara jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi mungkin cukup membingungkan. Pasalnya keduanya cukup mirip dan berada di fakultas yang sama.

Mata kuliah ilmu komputer yang dipelajari baik di Teknik Informatika maupun Sistem Informasi yaitu pemrograman web, pemrograman dasar, basis data, jaringan komputer, algoritma, dan struktur data. Anda akan mendapatkan mata kuliah tersebut jika memilih Teknik Informatika maupun Sistem Informasi. Akan tetapi ada beberapa perbedaan yang bisa menjadi pertimbangan untuk memilih salah satunya. Langsung saja, berikut beberapa perbedaannya:

jurusan Teknik Informatika
jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Jurusan

Teknik Informatika memiliki konsentrasi yang lebih mengarah pada perancangan dan pengembangan sebuah software dan aplikasi. Mereka yang masuk ke jurusan ini harus memiliki kemampuan algoritma yang baik sehingga bisa membuat software yang berguna dengan efektif dan efisien.

Sementara jurusan Sistem Informasi lebih mengarah pada pengembangan sistem informasi. Berbeda dengan Teknik Informatika yang harus menguasai algoritma, mahasiswa Sistem Informasi harus memiliki kemampuan perancangan, pengembangan, serta penerapan sistem informasi.

Mata Kuliah

Ada beberapa mata kuliah yang akan di dapatkan di jurusan Teknik Informatika maupun Sistem Informasi. Namun banyak juga mata kuliah yang ada di Teknik Informatika namun tidak ada di Sistem Informasi.

Teknik Informatika biasanya memiliki mata kuliah yang bersifat teknik misalnya seperti bahasa pemrograman, perhitungan, serta mata kuliah lainnya yang berhubungan dengan pengembangan software. Anda mungkin akan belajar banyak bahasa pemrograman apabila masuk jurusan ini.

Sedangkan mata kuliah Sistem Informasi memiliki mata kuliah manajemen dan pengembangan sistem. Ada mata kuliah rekayasa perangkat lunak namun tidak mendetail seperti Teknik Informatika. 

Gelar yang Akan Didapatkan

Lulusan Teknik Informatika yang ada di Fakultas Teknik memiliki gelar S.T (Sarjana Teknik) atau S.TI (Sarjana Teknologi Informasi). Sementara lulusan Sistem Informasi akan mendapatkan gelar yang berbeda yaitu S.SI atau Sarjana Sistem Informasi.

Sedangkan Teknik Informatika dan Sistem Informasi di fakultas yang sama yaitu Fakultas Ilmu Komputer memiliki gelar yang sama yaitu S.Kom atau Sarjana Komputer. Jadi pemberian gelar ini sesuai dengan kurikulum yang dimiliki oleh sebuah perguruan tinggi.

Kompetensi Lulusan

Mata kuliah dan kurikulum yang berbeda membuat lulusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi memiliki kompetensi yang berbeda. Kompetensi atau keahlian dari lulusan Teknik Informatika yaitu pembuatan aplikasi, pemrograman, pembuatan sistem operasi, serta pembuatan software. Sedangkan kompetensi lulusan Sistem Informasi termasuk maintenance sistem operasi, pengembangan sistem operasi, serta pengelolaan basis data.

Ranah Pekerjaan

Lulusan Teknik Informatika maupun Sistem Informasi sama-sama memiliki peluang kerja yang menjanjikan. Akan tetapi ranah pekerjaan dari keduanya berbeda, meskipun ada mahasiswa yang kompeten di keduanya. Banyak lulusan Teknik Informatika yang ditempatkan di pengembangan AI atau artificial intelligence, pemrograman, dan pembuatan software. Sedangkan ahli sistem informasi memiliki ranah pekerjaan meliputi pengembangan, implementasi, hingga maintenance sistem informasi.

Itulah beberapa perbedaan antara jurusan Teknik Informatika dengan Sistem Informasi. Apakah sudah menentukan untuk memilih jurusan apa? IDS Digital College menawarkan kedua jurusan ini yaitu Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Jurusan tersebut tepatnya ada di STMIK Bidakara dari IDS Digital College. Banyak keuntungan jika Anda kuliah di kampus ini mulai dari tim pengajar kompeten, fasilitas lengkap, hingga kurikulum berbasis internasional. Lebih lengkapnya bisa Anda lihat dengan mengunjungi website ids.ac.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here