Optimalkan Tumbuh Kembang Anak Usia 2 Tahun

0
518
tumbuh kembang anak
tumbuh kembang anak

Memiliki seorang anak merupakan salah satu anugerah yang Tuhan karuniakan kepada setiap pasangan suami isteri. Anak dalam hal ini ialah titipan dari Sang Ilahi, oleh karenanya sudah sewajarnya bahkan seharusnya, kita menjaga dan memberikan segala yang terbaik bagi kehidupan dunia juga akhiratnya. Mulai dari memberikan asupan makanan yang baik dan halal, hingga pakaian yang mampu menutupi aurat tubuhnya, dan lain sebagainya.

Baik dan buruk mereka akan sangat tergantung dari cara anda sebagai orang tua memberikan pengasuhan, pendidikan serta kasih sayang kepada si kecil. Sebelum ia tumbuh menjadi anak yang dewasa dan berakhlak, tentu akan ada beberapa tahapan tumbuh kembang anak yang dilalui. Setiap tahapan tersebut merupakan hasil dari interaksi berbagai faktor baik dari luar maupun dari dalam.

Berbicara mengenai tumbuh kembang anak, berbeda usia tentu akan berbeda pula tahapan pertumbuhan serta perkembangannya. Namun bukan berarti pula memiliki kesamaan usia akan sama tahapannya. Hal ini akan tergantung pula dari bagaimana orang tua memberikan stimulus kepada sang anak. Berikut di bawah ini ada beberapa langkah yang dapat anda terapkan untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

  1. Selalu libatkan si kecil dalam kegiatan sehari-hari di tengah keluarga, mulai dari memasak, kemudian menyiapkan sajian atau hidangan makanan, hingga hal kecil lainnya. Tentu atas dasar pertimbangan yang matang, karena tidak semua kegiatan di dalam rumah baik untuk anak atau tidak menimbulkan bahaya kepada diri mereka.
  2. Usia kanak-kanak merupakan usia bermain, sehingga sediakanlah ruangan khusus bagi mereka untuk bermain. Bermain pun membuat mereka melakukan rangkaian kegiatan fisik yang akan meningkatkan kreativitasnya. Kurangi bahkan hindari menonton televisi berlama-lama, dengan tayangan yang tidak mendidik.
  3. Selalu ajak si kecil mengobrol, hal ini akan mempermudah mereka dalam memperkaya kosa kata. Dengan begitu, kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi akan semakin baik dan mudah untuk dipahami.

Itulah beberapa cara yang dapat menodorong tumbuh kembang anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here