Mendidik Anak Dengan Budaya Sopan Santun

0
9
Sopan Santun
Sopan Santun

Sopan santun merupakan etika yang harus dimiliki oleh setiap individu dalam menjalani kehidupan sehari – hari dalam berinteraksi sosial. Saat ini sopan santun seorang anak sangat mahal. Karena semakin hari anak – anak semakin sulit menerapkan sopan santun di lingkungannya. Tidak pernah ada kata terlambat untuk mendidik anak dalam menerapkan sopan santun. Tetapi hal pertama yang harus dilakukan adalah memperbaiki sopan santun anda terlebih dahulu.

Karena pendidikan yang paling berpengaruh pada seorang anak dengan memberikan teladan terlebih dahulu. Menurut Peggy Post seorang ahli etiket dan salah satu direktur Lembaga Emily Post menjelaskan bahwa hal yang penting dalam mengajarkan anak – anak berprilaku sopan santun dengan memberi contoh konkret teladan yang baik kepada mereka. Dengan kata lain, anak – anak sangat memperhatikan sikap seorang ibu yang makan sambil berdiri atau seorang ayah yang sibuk bermain HP saat sedang makan bersama di ruang makan. Oleh sebab itu banyak hal – hal kecil yang bisa orang tua ajarkan serta beri teladan saat mengajarkan budaya sopan santun pada anaknya.

Hal – hal yang harus orang tua tanamkan saat mengajarkan anak budaya sopan santun dengan mengajarkan anak makan dengan sopan, berbicara dengan halus, dan membudayakan memberi salam kepada semua orang.

1. Makan dengan sopan

Anak yang berusia 2 tahun sudah bisa diajarkan untuk makan dengan sopan. Caranya dengan mendorong dagunya agar mulutnya tertutup serta mulai diajarkan perlunya makan dengan sopan. Selain itu, anda dapat mencontohkan anak – anak untuk tidak makan berantakan atau berisik saat makan. Hal itu membiasakan anak untuk mencontoh kebiasaan orang tuanya kelak.

2. Berbicara dengan halus

Orang tua jangan membiasakan diri untuk berteriak – teriak saat sedang berada di rumah. Karena secara tidak langsung anak – anak akan mengikuti kebiasaan anda. Sebaliknya, biasakan anak anda untuk berbicara dengan perlahan tanpa harus teriak – teriak. Anda pun dapat melibatkan mereka dalam perbincangan anda dengan pasangan anda dan mintalah pendapat kepada mereka. Agar anak merasa di hargai pendapat keberadaannya. Hal itu akan menumbuhkan rasa percaya diri.

3. Memberi salam

Kepercayaan diri seorang anak harus diajarkan sejak dini. Apabila ada kerabat atau teman anda yang datang ke rumah dan belum kenal dengan anak anda, ajarkan mereka untuk tersenyum dan memberi salam. Selain itu anda pun dapat bermain – main seolah anda seorang tamu. Memberi tahu bahwa sopan santun sangat penting untuk menjalin hubungan baik dengan orang lain.