Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Motorik

Bagus tidaknya perkembangan motorik anak ditentukan oleh banyak faktor. Dalam tulisan ini dibahas dari sisi faktor lingkungan. Terdapat tiga hal yang mesti diperhatikan, diantaranya: Hubungan orang tua-anak, Pengalaman/kesiapan anak dan tingkat emosional.

Perkembangan motorik pada anak merupakan salah satu aspek penting dalam pertumbuhan anak. Motorik ini biasanya berurusan dengan gerak anak yang dihasilkan dari stimulasi otak, otot dan saraf. Agar motorik anak bagus, tentunya mesti mengetahui faktor – faktor apa sajakah yang mempengaruhinya. Pada tulisan ini, akan dibahas mengenai faktor yang mempengaruhi pertumbuhan motorik dari aspek lingkungan.

  1. Ikatan antara anak dan orang tua. Dari sekian banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan motorik dari lingkungan ialah ikatan anak dan orang tua. Misalnya, jika memiliki orang tua yang super sibuk atau tidak tahu cara memperlakukan anak, kemungkinannya kurang ada timbal balik dalam pertumbuhan anak. Pada bagian ini, anak akan banyak memiliki kekurangan dalam tuntunan dalam pertumbuhan motorik. Iniliah ikatan yang sangat dibutuhkan anak pada fase ini.
  2. Pengalaman. Kesiapan anak dalam latihan dalam pertumbuhan motorik adalah hal yang sangat penting. Seringkali karena orang tuanya terlalu gemas untuk melihat anaknya tumbuh, kurang memperhatikan kesiapan anak menghadapi hal atau latihan yang seharusnya belum mereka dapatkan di usianya. Misalnya, karena ingin anaknya menyenangi tari, sejak masih balita sudah ditunjukan caranya menari. Padahal, pada fase itu anak mestilah bisa berjalan dengan lancar dahulu. Contoh lain misalnya agar anak menjadi pintar, orang tuanya lupa untuk mengajarkannya motorik kasar.
  3. Emosional. Memiliki karakter emosional merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik. Emosi yang tidak stabil menyebabkan adanya kesulitan dalam pola komunikasi. Misalnya, anak atau orang tua yang cepat marah akan mempengaruhi pola komunikasi antara anak dan orang tua. Dari kasus itu akan memunculkan banyak dampak, seperti: menyebabkan anak kurang terbuka, menyebabkan anak kurang berani, menyebabkan anak percaya diri dan lain sebagainya.

Ketiga hal diatas merupaka faktor lingkungan yang bisa mempengaruhi pola perkembangan motorik pada anak. Dengan mengetahui tiga faktor lingkungan diatas, diharapkan orang tua lebih bijak dalam menuntun dan mendidik anak agar memiliki motorik yang bagus, baik itu motorik kasar maupun motorik halus.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *