TOEFL ITP Test Center di Edupac

0
217
TOEFL ITP test center
TOEFL ITP test center

TOEFL Institutional Tesing Program (TOEFL ITP) adalah salah satu jenis tes kemampuan bahasa Inggris dengan standar internasional yang digunakan untuk menguji kemampuan Bahasa Inggris seseorang dan berlaku secara local dengan kata lain tidak dapat digunakan di setiap negara di dunia. ITP ini adalah format tes yang memberikan kesempatan bagi institusi pendidikan dan institusi lain untuk bisa mengadakan sendiri penilaian kemampuan berbahasa Inggris. Namun untuk TOEFL ITP test center sendiri biasanya ada di kota-kota besar. Seperti Edupac Indonesia yang merupakan salah satu TOEFL ITP test center di Indonesia.

TOEFL Institutional Tesing Program (TOEFL ITP) adalah produk dari English Testing System (ETS) yang secara umum menggunakan materi-materi yang digunakan juga dalam TOEFL test. Hampir sama dengan TOEFL lainnya juga, test TOEFL ITP ini terdiri dari tiga sesi dengan menguji kemampuan seseorang dalam hal listening comprehension, reading comprehension, dan structure and writing expression. Penghitungan yang dipakai hampir sama dengan TOEFL test yang tertulis (PBT), yakni antara 310 hingga 677.

Sedangkan untuk segi formatnya, tes ini menggunakan format pilihan ganda. Pada dasarnya kemampuan, tes ini terdiri dari dua level. Pertama yaitu level intermediate to advance. Level ini cenderung menguji kemampuan reading comprehension, listening comprehension, dan structure and writing expression. Kedua yakni level beginning to intermediate. Yang mana level ini memiliki materi yang sama, dengan tambahan pada aspek kosa kata (vocabulary) untuk melengkapi reading comprehension section.

Meskipun penilaian TOEFL ITP ini tidak bisa digunakan seperti halnya skor TOEFL iBT, namun tetap dapat digunakan sebagai syarat masuk dan kelulusan di institusi pendidikan tinggi di Indonesia. Selain itu tes ini bisa juga digunakan sebagai suatu placement test dalam suatu lembaga pendidikan Bahasa Inggris. Bisa juga untuk sebagai prasyarat pengajuan beasiswa. Beberapa perusahaan di Indonesia juga menggunakan tes ini untuk menentukan posisi atau kedudukan dalam perusahaan tersebut. Kesimpulannya tidak ada batasan standar skor tertentu. Setiap organisasi atau institusi bisa menentukan batas minimal skor tersebut. Satu hal lagi biasanya tes ini bisa memudahkan guru atau dosen untuk mengetahui kemampuan Bahasa Inggris murid atau mahasiswa mereka.