indonesiamerdeka

0
447
Memperhatikan Berbagai Pola Asuh Yang Terbaik Untuk Anak
Memperhatikan Berbagai Pola Asuh Yang Terbaik Untuk Anak

Mempunyai anak yang dalam tumbuh kembangnya baik dan pesat dengan sehat, cerdas, rajin, sopan dan yang lainnya tentu menjadi hal sangat diharapkan oleh para orang tua. Akan tetapi tanpa disadari kebanyakan dari orang tua justru menanamkan pola asuh anak yang sebaliknya, sehingga harapan akan anak yang tumbuh kembang dalam hal positif menjadi jauh dari harapan. Oleh karena itu memperhatikan akan pola asuh terbaik untuk anak harus benar-benar diperhatikan.

Dalam melakukan pola asuh anak maka sebagai orang tua harus juga mengetahui mengenai berbagai pola asuh yang terbaik yang dapat diberikan dalam mengasuh anak. Dengan memberikan pola asuh terbaik maka dalam perkembangan anakpun akan menjadi lebih baik dan sesuai dengan harapan orang tua. Dari berbagai pola asuh anak sendiri ada tiga macam pola asuh yang dapat diketahui.

  1. Pola asuh anak yang permisif. Dalam pola asuh anak yang permisif anak memiliki kebebasan yang besar dari orang tuanya yang dapat mengembangkan akan berbagai kreativitasnya dan segala keinginan anak selalu dituruti oleh orang tuanya. Dengan pola ini anak akhirnya tidak mengetahui akan berbagai batasan yang harusnya diketahui, sehingga ia tidak mengetahui akan apa yang baik dan yang buruk. Rasa egonya menjadi tinggi dan bersifat individualistik. Dampak akhirnya anak akan memiliki prestasi dan juga tingkah laku sopan santun yang kurang.
  2. Pola asuh anak yang otoriter. Untuk pola asuh ini peran orang tua sangat aktif dalam membentuk bagaimana perilaku anak. Dalam kesehariannya anak dipaksa menuruti perintah orang tuanya, misalnya dalam belajar anak yang dituntut untuk memiliki prestasi yang tinggi. Dalam pola asuh anak yang seperti ini ia tidak bisa mengungkapkan akan berbagai pendapat ataupun apa yang menjadi keberatannya. Akibatnya anak menjadi  kurang percaya diri, mudah minder, dan yang lainnya karena kebebasannya yang terbatasi oleh orang tuanya.
  3. Pola asuh anak yang otoritatif. Pada pola asuh ini sering pula disebut dengan pola asuh yang demokratis dimana peran orang tua dalam memberikan berbagai aturan atu kedisiplinan tanpa adanya pengekangan pada anak. Anak tetap dapat melakukan berbagai hal lainnya selam itu masih positif serta tidak merugikan diri dan orang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here