4 Tips Untuk Masuk Jurusan DKV

0
54
jurusan desain komunikasi visual
jurusan desain komunikasi visual

Saat ini banyak kampus dan lembaga pendidikan yang membuka jurusan desain komunikasi visual atau yang biasa disingkat DKV. Setiap tahunnya, peminat jurusan ini semakin bertambah. Hal ini membuktikan bahwa jurusan DKV saat ini menjadi jurusan yang cukup favorit dengan prospek kerja yang menjanjikan. 

Lalu, adakah bakat atau kemampuan dasar yang harus Anda miliki jika ingin menjadi mahasiswa DKV? Berikut beberapa kemampuan dasar yang perlu Anda miliki jika ingin masuk jurusan DKV hanya di ids agar Anda bisa mengikuti kegiatan perkuliahan dengan baik.

jurusan desain komunikasi visual
jurusan desain komunikasi visual

1.Suka dan memiliki kemampuan menggambar

Kemampuan dasar yang paling penting dimiliki jika Anda ingin berkuliah di jurusan DKV adalah kemampuan menggambar. Hal ini karena hampir seluruh materi kuliah yang diajarkan pada jurusan DKV adalah materi-materi tentang menggambar. Materi-materi gambar tersebut mulai dari gambar objek, ruang, layout, ilustrasi, dan gambar-gambar lainnya. Jika Anda sudah memiliki kemampuan dasar menggambar, maka Anda tidak akan kesulitan mengejar materi yang diajarkan di ruang kuliah. 

Namun, selain memiliki kemampuan, Anda juga harus suka dan hobi untuk menggambar. Tanpa hobi atau menyukai pekerjaan menggambar, tugas-tugas yang ada akan terasa menyiksa. Lain halnya jika Anda memang suka dan menikmati saat melakukan tugas menggambar tersebut, tugas-tugas yang diberikan oleh dosen akan tetap terasa menyenangkan. 

2. Bisa mengatur waktu

Tugas-tugas kuliah yang ada di jurusan desain komunikasi visual kebanyakan adalah tugas menggambar yang tidak bisa dikerjakan terburu-buru atau bisa selesai dalam waktu singkat. Anda perlu ketelitian dan ketelatenan saat mengerjakan tugas-tugas tersebut.

Maka, jika Anda berniat untuk kuliah di jurusan DKV, Anda harus bisa mengatur waktu antara tugas-tugas kuliah dan juga kegiatan-kegiatan Anda yang lain sebagai seorang mahasiswa atau juga kegiatan-kegiatan Anda di luar kampus. Belajarlah untuk mulai melakukan manajemen waktu agar semua kegiatan bisa berjalan dengan seimbang. 

3. Berpikir kreatif

Dalam menciptakan karya-karya desain, Anda harus memiliki banyak ide kreatif agar karya yang dihasilkan bisa menjadi bagus dan menarik. Saat masuk jurusan DKV, Anda akan terus dituntut untuk mengeluarkan ide-ide kreatif Anda di berbagai tugas kuliah. 

Selain memiliki ide kreatif, Anda juga harus memiliki kemampuan untuk menuangkan ide kreatif yang ada di kepala Anda ke dalam sebuah karya grafis atau visual yang akhirnya bisa dinikmati oleh semua orang. 

Semakin kreatif pikiran Anda, makan akan semakin bagus juga karya yang Anda hasilkan. Untuk mengasah pola pikir kreatif ini, Anda bisa melatihnya dengan banyak mempelajari literatur-literatur desain dan karya-karya visual para seniman grafis lainnya. 

4. Bisa menggunakan peralatan gambar

Selain memiliki kemampuan dasar menggambar, sebagai mahasiswa DKV Anda juga harus terbiasa mengoperasikan berbagai peralatan gambar yang akan Anda gunakan untuk mengerjakan karya-karya desain Anda. Di semester awal, Anda harus mulai familiar dengan peralatan-peralatan seperti pensil, kuas, dan cat. 

Menjelang semester akhir Anda juga harus mulai familiar dengan peralatan gambar yang lebih rumit seperti pen tablet. Untuk terbiasa menggunakan peralatan peralatan gambar ini, Anda tentu harus membiasakannya dengan sering berlatih menggambar dan membuat karya dengan peralatan peralatan gambar tersebut. 

Itulah beberapa kemampuan dasar yang perlu Anda miliki jika ingin masuk jurusan desain komunikasi visual. Dengan memiliki kemampuan-kemampuan dasar tersebut, Anda tidak akan kesulitan mengikuti materi perkuliahan dan Anda akan menikmati seluruh proses perkuliahan atau tugas yang diberikan oleh dosen Anda.