4 Ciri Oli Motor Matic Harus Diganti

0
490
Oli Motor Matic
Oli Motor Matic

Oli motor memiliki fungsi vital untuk kendaraan. Salah satunya sebagai pelumas komponen mesin. Jadi saat terjadi gesekan, mesin tidak cepat aus. Fungsi lainnya juga untuk menunjang performa mesin kendaraan.

Oli memiliki batas usia, jadi jika sudah digunakan sekitar 3.000 -5.000 kilometer, harus segera diganti. Jika tidak segera diganti, maka performa motor akan menurun. Begitu pula dengan pemakaian oli motor matic, harus rutin dilakukan penggantian.

Namun, Anda tidak harus menunggu kilometer kendaraan Anda mencapai batas maksimal. Pasalnya, faktor penentu harus mengganti oli tidak melulu bisa ditentukan berdasarkan kilometer. Apalagi Anda yang tinggal di daerah dengan kondisi lalu lintas padat. Saat kendaraan terkena macet, otomatis kilometer akan berhenti juga, padahal mesin tetap menyala. Jadi pergantian oli tidak bisa ditentukan berdasarkan kilometer jarak tempuh kendaraan.

Hasil gambar untuk Oli Motor Matic top 1

Nah, bagi yang masih bingung kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli motor matic Anda, berikut cara yang bisa dilakukan.

  1. Lihat Warna Oli Pada Motor
    Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melihat warna oli pada motor Anda. Anda bisa melakukan cek pada tempat oli disimpan. Gunakan kayu atau stik yang dicelupkan pada oli kendaraan. Kemudian cek, apakah warna oli masih coklat kebiruan atau biru? Jika warna oli sudah berubah hitam, berarti Anda harus segera menggantinya.
    Oli yang sudah berubah warna menandakan telah terkontaminasi oleh sisa pembakaran. Yakni kerak, bensin yang gagal dibakar, atau gas. Jika dibiarkan saja, akan menyebabkan daya pelumasnya berkurang.
  2. Volume Berkurang
    Anda bisa mengecek ke dalam tangki oli apakah volumenya masih penuh atau tidak. Untuk motor dengan kapasitas 15 CC ke bawah, biasanya bervolume 800 ml. Saat penggunaan mesin motor, oli lambat laun juga mengalami pengurangan. Bisa karena penguapan atau kebocoran. Jika volume oli berkurang, Anda juga harus bersiap-siap mengganti oli kendaraan.
  3. Panas Mesin Motor Tidak Merata
    Oli yang sudah jelek, juga memiliki kinerja yang buruk. Salah satunya tidak menghantarkan panas dengan maksimal. Jadi penyebaran panas tidak merata.
  4. Suara Mesin Kasar
    Suara motor jadi kasar juga menjadi salah satu tanda bahwa oli harus segera diganti. Pasalnya, oli yang baik akan digunakan mesin untuk melumasi transmisi. Jika oli sudah usang, proses pelumasan tidak akan maksimal. Ini menyebabkan suara motor Anda jadi berisik.

Salah satu oli yang bisa digunakan untuk merawat motor matic kesayangan Anda adalah produk dari Top 1. Produsen ini memiliki berbagai macam jenis oli khusus untuk kendaraan matic. Mulai dari Top 1 Evolution Matic, Action Matic, hingga classic. Untuk info lebih lengkap, silahkan klik www.top1.co.id.