Tips Mencegah Konstipasi Pada Bayi

0
14

Konstipasi adalah gangguan pada sistem pencernaan, yaitu saat seseorang tidak bisa rutin BAB dan mengalami pengerasan tinja yang berlebihan sehingga sulit dikeluarkan. Konstipasi bisa terjadi baik pada orang dewasa maupun pada anak-anak, termasuk bayi. Susu S26 adalah susu formula yang salah satu manfaatnya adalah mencegah konstipasi pada bayi.

Adapun tanda bayi yang mengalami konstipasi adalah lebih sering menangis atau rewel, sulit tidur, frekuensi BAB berkurang, serta wajahnya kemerahan dan berusaha mengejan. Bayi yang mendapat ASI relatif lebih mudah penanganannya karena dengan memperbaiki pola makan dan asupan nutrisi ibu, bayi akan dapat disembuhkan. Namun, bagi bayi yang kurang atau tidak mendapatkan ASI, perlu diupayakan agar terbebas dari konstipasi.  Berikut ini tipsnya.

Susu S26
Susu S26

1. Memberikan Cairan yang Cukup

Bila bayi sudah berusia lebih dari enam bulan, bisa diberikan air putih untuk mencegah dehidrasi. 

2. Memberikan MPASI yang Tinggi Serat

Saat bayi sudah mulai makan makanan pendamping ASI, bisa diberikan makanan berserat, tetapi dalam porsi yang tidak banyak. Hal ini karena sistem pencernaan bayi belum berkembang dan belum sempurna. Bisa dikonsultasikan ke dokter berapa jumlah serat yang cukup dan apa jenis yang diperbolehkan sesuai usianya.

3. Memberikan Jus Buah

Jus buah bisa menjadi alternatif bagi bayi untuk mencegah dan mengatasi konstipasi. Jus buah seperti plum, pir, dan apel bisa diberikan asal tidak ada penambahan gula. 

4. Melakukan Pemijatan Perut

Pemijatan lembut pada perut bayi bisa dilakukan untuk mengatasi dan mencegah konstipasi. Pemijatan dilakukan sesuai pergerakan usus, yakni arah kanan bawah ke kanan atas, dilanjutkan ke kiri atas lalu kiri bawah secara rutin.

5. Mengubah atau Mengganti Susu Formula

Susu tertentu bisa membuat bayi makin padat fesesnya. Susu S26 mengandung oligofruktosa yang bisa membantu menjadikan sistem pencernaan lancar. 

Beredarnya bermacam info susu yang baik untuk bayi hendaknya membuat orang tua selektif memilih susu yang tepat untuk bayi. Susu S26 adalah solusi cerdas memenuhi kecukupan nutrisi bayi tanpa menyebabkan konstipasi.