Manfaat Imunisasi Vaksin Polio Untuk si Kecil

0
26
imunisasi vaksin polio

Imunisasi penting diberikan kepada si kecil. Imunisasi umumnya diberikan mulai dari si kecil lahir. Ada banyak jenis vaksin yang biasanya diberikan. Salah satu vaksin yang banyak dikenal oleh masyarakat adalah imunisasi vaksin polio. Nah, di sini, kami akan menjelaskan manfaat apa saja yang akan dirasakan oleh si kecil dari vaksin yang satu ini.

Polio sendiri merupakan salah satu jenis penyakit menular. Penyakit ini terjadi disebabkan oleh virus yang hidup di dalam saluran pencernaan seperti usus, dan tenggorokan. Polio juga menjadi salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kecacatan di Amerika Serikat semenjak pertama kali diperkenalkan vaksinnya pada tahun 1955.

imunisasi vaksin polio
imunisasi vaksin polio

Manfaat Vaksin Polio Untuk Anak

Pada dasarnya, vaksin polio tidak hanya diberikan kepada anak-anak. Juga diberikan kepada orang dewasa. Untuk anak-anak, vaksin ini minimal diberikan pada usia minimal 6 minggu. Vaksin ini tidak bisa digunakan untuk mengobati penyakit infeksi aktif yang telah berkembang. Namun, fungsinya sebagai kekebalan tubuh terhadap penyakit tersebut.

Polio sendiri merupakan jenis virus berbahaya. Penyebarannya bisa melalui kontak dengan kotoran dari orang yang terinfeksi dan juga melalui lendir atau cairan hidung dan juga mulut. Artinya, pencegahan penyakit juga harus dilakukan dengan menjaga kebersihan diri dan juga lingkungan sekitar.

Jenis-Jenis Imunisasi Polio

Imunisasi polio yang umumnya diberikan terdapat dua jenis yang berbeda. Adapun kedua jenis tersebut yaitu:

1.  IPV

IPV atau Inactivated Poliovirus Vaccine adalah jenis vaksin yang biasanya disuntikan pada bayi yang masih berusia 2 bulan, 4 bulan, 6 hingga 18 bulan, dan balita berusia 4-6 tahun. Vaksin ini akan disuntikkan pada kaki atau tangan tergantung dari usia si kecil. IPV juga terkadang diberikan dalam kombinasi vaksin bersama dengan vaksin yang lainnya. Terkait hal ini, seorang anak bisa saja menerima dosis IPV kelima.

2.  OPV

OPV atau Oral Poliovirus Vaccine merupakan obat tetes mulut yang diberikan secara oral. OPV merupakan vaksin yang mengandung polio hidup namun dilemahkan. Tujuannya yaitu untuk profilaksis polio. Vaksin ini diberikan kepada bayi yang baru berusia 6-12 minggu. Semua anak yang belum diimunisasi hingga usianya mencapai 18 tahun, maupun orang dewasa, akan memiliki risiko tinggi. Sedangkan orang dewasa harus menerima vaksin IPV.

Polio termasuk ke dalam salah satu jenis penyakit yang berbahaya. Maka dari itu, setiap orang wajib mewaspadainya. Cegah polio dengan vaksin polio pada kegiatan imunisasi si kecil. Karena, dengan pencegahan dini, si kecil akan tercegah dari salah satu penyakit berbahaya ini.

Nah, itulah informasi penting seputar imunisasi vaksin polio yang wajib Anda ketahui. Polio adalah jenis penyakit berbahaya dan menular. Jadi, sebaiknya Anda lakukan pencegahan sejak dini.