Edukasi Anak Usia 5 Tahun Melalui Permainan Indoor

0
443
edukasi anak
edukasi anak

Anak usia 5 tahun adalah usia dimana seorang sudah mulai menjajakkan kaki mereka ke sekolah pertama, yakni sekolah usia dini, bisa itu di taman kanak-kanak (TK), kelompok bermain (KB) ataupun pedidikan anak usia dini (PAUD). Dan pada usia seperti itu pastinya harus di imbangi dengan edukasi anak yang pas, selain menyenangkan dan tentunya juga membantu untuk mengasah otak anak.

Bermain adalah salah satu cara edukasi anak usia 5 tahun yang tepat, karena dengan membiarkan anak bermain, Bunda sudah membantu buah untuk mengasah akalnya juga kecerdasan emosional. Umumnya anak usia 5 tahun, lebih senang melakukan kegiatan yang berhubungan dengan fisik. Karena selain kegiatan dalam dilakukan di luar rumah bersama teman-teman sebaya, akan membuat sang anak senang juga mengajarkan anak untuk bersosialisasi.

edukasi anak
edukasi anak

Kegiatan bermain tidak hanya dapat dilakukan di luar rumah (outdoor) saja Bunda, ternyata di dalam rumah (indoor) Bunda juga bisa mengajak si kecil untuk bermain bersama. Dengan bermain bersama buah hati, secara tidak langsung pun Bunda sudah memberikan edukasi anak.

Pada rentan waktu usia 5 tahun anak lebih cenderung menyukai permainan yang kompleks, sehingga dapat membantu mengasah kemampuan berpikir anak. Bahkan untuk membuat anak-anak lebih aktif bergerak, oleh karena itu membutuhkan permainan yang lentur dan kuat untuh gerak tubuhnya. Sehingga edukasi permainan yang dianjurkan untuk usia 5 tahun umumnya adalah permainan yang meningkatkan daya kreativitas, imajinasi dan kecerdasan otak.

Lalu apa saja permainan edukasi anak usia 5 tahun, yang dapat dilakukan di dalam rumah? Nah, berikut beberapa contoh permainan edukasi anak usia 5 tahun, Bunda. Silahkan disimak,

  • Bermain Peran

Anak pada usia ini pasti sangat senang bila diajak untuk bermain peran. Dengan bermain peran, Bunda dapat melatih daya imajinasi anak, kreatif, juga tangkas dalam memecahkan masalah (problem solving).

  • Mewarnai dan menggambar

Pada usia 5 tahun, apalagi untuk anak yang sudah bersekolah pastinya amat senang dengan kegiatan menggambar dan mewarnai. Dan biasanya anak-anak akan dengan liar mengeluarkan imajinasi mereka melalui buku gambar, bahkan kalau bisa Bunda sediakan kamar atau ruangan khusus untuk anak agar mereka dapat mengembangkan imajinasi, dan tetap harus dalam pengawasan ya, Bunda.

  • Monopoli dan ular tangga

Mengajak anak untuk melakukan kegiatan bermain ular tangga atau monopoli, dapat meningkat daya imajinasi anak. Selain itu juga dapat melatih anak untuk belajar berhitung dan mengenal warna. Pada ular tangga Bunda dapat membantu anak mempertajam memori dan kemampuan visualisasi. Dan pada monopoli, Bunda juga dapat mengajarkan anak bermain strategi dan yang pastinya mengajarkan anak untuk bersosialisasi dengan teman sebaya, karena permainan ini biasanya dilakukan secara berkelompok.

Jadi demikian Bunda, beberapa jenis permainan edukasi anak yang dapat Bunda lakukan di dalam rumah. Selain menyenangkan karena dapat menghabiskan watu bersama, tentunya akan membuat sang anak semakin sayang dengan Bunda. Dan jangan lupa berikan juga DANCOW Advanced Excelnutri+ 3+ pada anak, agar tumbuh kembang dan tubuh sang buah hati terjaga selalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here