Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak Paling Mudah

0
9

Tahukah Mam, daya ingat anak mulai berkembang sejak ia dilahirkan. Selain nutrisi, ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan agar perkembangannya maksimal, terutama di usia pertamanya. Berikut adalah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan. 

Terus Konsisten

Pastinya daya ingat si kecil masih belum sempurna dan akan semakin baik seiring bertambahnya usia. Sambil melihatnya terus berkembang, Mam bisa menstimulasinya dengan melakukan beberapa hal secara konsisten. Misalnya Mam membiarkannya bermain dengan mainannya di ruangan tertentu di waktu yang sama setiap hari. Akan memberikan dampak besar pada si kecil. Hal ini juga termasuk lagi yang kerap Mam nyanyikan secara teratur akan membantu ia belajar mengingat. 

daya ingat anak
daya ingat anak

Tambahkan Skill Baru 

Mam bisa menambahkan skill baru pada si kecil agar daya ingatnya meningkat. Jangan lupa lakukan hal ini secara teratur untuk meningkatkan daya ingatnya dalam jangan panjang. Mam bahkan sudah bisa memulai aktifitas ini sejak usia tiga bulan. 

Panggil Dengan Namanya

Cara paling tepat untuk memulai melatih daya ingat anak adalah dengan mulai memanggilnya dengan namanya. Di usia 4 bulan, si kecil sudah bisa mengenali suara dan mampu menghubungkan namanya dengan identitasnya. Pastikan Mam selalu menggunakan namanya saat berbicara dengannya. Tidak hanya itu, Mam bisa mulai mengenalkan diri Mam dengan membiasakannya mengenalkan kata ibu, mama atau lainnya. Teknik ini bisa mulai dilakukan pada usia 4-6 bulan. 

Melatih Komunikasi 

Sangat penting bila Mam mulai mengajari si kecil berkomunikasi dengan menstimulasinya melalui hubungan sebab akibat. Demonstrasikan beberapa hal kecil agar ia mulai belajar menghubungkan bahasa dengan kejadian. Misalnya saat Mam menyalakan lampu, katakan “lampunya nyala” kemudian Mam mematikannya dan bilang “lampunya sudah mati”. Ada banyak hal-hal kecil yang bisa Mam kenalkan pada si kecil.

Berikan Respon Meskipun Belum Bisa Bicara

Bayi masih belajar berkomunikasi. Langkah pertama yang ia lakukan adalah dengan berceloteh, tertawa dan berteriak ketika melihat sesuatu. Ini adalah bentuk ekspresinya yang baru saja melihat dunia. Nah, apa yang bisa Mam lakukan? Mam disarankan meresponnya dengan kata-kata sederhana. Lakukan secara berulang-ulang agar si kecil bisa mengingat kalimat dan kata dengan baik. Mam bisa menggunakan irama dan nada saat berbicara dengan si kecil.

Ada banyak sekali cara meningkatkan daya ingat anak. Semua ada disekitar kita. Yang terpenting, cukupi kebutuhan nutrisi si kecil dan tetap tlaten melatihnya.