2 Cara Cek Kehamilan yang Ampuh dan Akurat

0
110
Cara Cek Kehamilan

Kini, untuk mengecek kehamilan, kita bisa melakukannya sendiri di rumah. Atau, bisa juga dengan mengunjungi dokter, cara cek kehamilan kini sudah semakin modern dan mudah dilakukan oleh siapa saja. Setidaknya ada 2 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek kehamilan. Kedua cara tersebut yaitu cara cek berdasarkan hasil USG dan cara cek melalui rumus penghitungan HPHT atau hari pertama haid terakhir.

Ingin tahu penjelasan keduanya? Simak artikel ini hingga selesai, ya.

Cek Kehamilan Berdasarkan Hasil USG

Cara Cek Kehamilan
Cara Cek Kehamilan

Pertama-tama, yang kita bahas adalah hasil kehamilan dari USG. Cara ini tergolong sangat efektif sekali dengan tingkat akurasi yang tergolong sempurna. USG hanya bisa dilakukan di dokter-dokter spesialis, atau pusat layanan kesehatan yang menyediakan layanan USG.

USG sendiri tidak hanya digunakan untuk mengetahui kehamilan saja. Juga digunakan untuk mengetahui perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Jadi, Anda tidak hanya akan mengetahui usia kehamilan Anda, juga dapat mengetahui perkembangan si kecil di dalam rahim.

Waktu yang paling ideal untuk melakukan USG, yaitu ketika kehamilan Anda sudah memasuki usia 8-18 minggu. Anda juga akan ditanya oleh dokter kandungan kapan terakhir menstruasi. Kemudian, akan perkuat dengan USG sehingga hasil perkiraan usia kehamilan menjadi lebih akurat.

Cek Kehamilan Berdasarkan HPHT

Cara ini sangat mudah sekali dilakukan. Anda bisa mengetahui kehamilan tanpa perlu ke dokter. Meski begitu, setelah diketahui hamil, Anda harus tetap menjalani USG untuk mengetahui perkembangan janin yang ada di dalam kandungan.

PHPT adalah kependekan dari Hari Pertama Haid Terakhir. Metode ini menggunakan rumus berikut:

  • Tentukan HPHT + 1 tahun + 7 hari – 3 bulan = kelahiran bayi.

Selain rumus di atas, ada juga rumus yang efektif untuk menentukannya. Berikut rumus kedua yang bisa Anda gunakan:

  • Tanggal HPHT, bulan haid terakhir -3, tahun haid terakhir +1 = Kelahiran Bayi.

Yang terpenting di dalam metode ini, Anda harus mengetahui kapan tepatnya HPHT atau hari pertama haid terakhir Anda. Karena, tanggal tersebutlah yang menentukan tingkat keakuratannya.

Kesimpulan

Pada dasarnya, kedua cara di atas adalah cara yang bisa digabungkan. Perama, Anda cek terlebih dahulu kehamilan secara manual menggunakan rumus HPHT. Kemudian, jika sudah terdeteksi hamil, silahkan Anda kunjungi dokter untuk melakukan USG. Dengan begitu, tingkat akurasinya akan semakin tinggi.

Melalui cara di atas, Anda dapat dengan mudah mengetahui masa kehamilan dan juga mengetahui perkembangan janin. Jadi, pastikan Anda melakukan kedua cara di atas untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Demikian ulasan seputar cara cek kehamilan yang bisa Anda lakukan. Kedua cara di atas, bisa Anda lakukan untuk mengetahui masa kehamilan secara mudah dan juga akurat. Semoga membantu Anda yang saat ini sedang mencari tahu cara mengetahui usia kehamilan.