Inilah Penyebab Haid Yang Tidak Teratur

0
75
Haid Tidak Teratur
Haid Tidak Teratur

Siklus haid setiap wanita tidak sama, bahkan untuk kembar sekalipun sering mendapatkan periode yang berbeda. Haid tidak teratur menjadi masalah tersendiri bagi wanita, pasalnya siklus yang kacau tersebut sangat mempengaruhi terhadap kesehatan tubuh. Apalagi untuk para istri yang ingin melakukan program atau menghindari kehamilan dengan alami, akan sulit menyiasatinya. 

Siklus haid dikatakan teratur jika periode terjadi di antara 21 hari sampai dengan 35 hari. Angka ini dihitung mulai dari hari pertama menstruasi selesai hingga tiba periode haid di bulan selanjutnya. Di luar waktu tersebut, baik kurang atau pun lebih, termasuk dalam siklus tidak teratur. Apa sebenarnya penyebab menstruasi yang tidak teratur ini, berikut beberapa di antaranya: 

Haid Tidak Teratur
  • Penggunaan KB (Alat Kontrasepsi)

Setiap alat kontrasepsi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan efek terhadap individu pun dapat berbeda. Maka sebaiknya konsultasikan kepada dokter atau bidan sebelum memutuskan KB yang digunakan. Pada salah seorang tetangga menggunakan KB pil yang mungkin tidak mempengaruhi apapun, tapi bisa jadi memiliki efek berbeda pada Anda. Salah satu efek KB ini yakni berisiko menjadi penyebab haid tidak teratur. 

  • Pola Hidup yang Kurang Sehat 

Pola hidup mempengaruhi tingkat kesehatan dalam tubuh, jika melakukan diet ketat yang membuat berat badan turun drastis. Hal ini akan mengganggu hormon dalam tubuh yang juga berpengaruh terhadap siklus menstruasi wanita. Bahkan beberapa penelitian mengungkapkan wanita yang sering berolahraga cenderung mengalami haid yang sedikit atau cepat selesai. 

  • Gangguan Hormon atau Stres 

Stres atau tekanan baik dari pekerjaan, hubungan, dan lainnya akan membuat kadar hormon kortisol di dalam tubuh menjadi meningkat. Hal ini akan mempengaruhi produksi hormon reproduksi yang bertugas mengatur siklus haid. Yang akan mengakibatkan proses pelepasan sel telur menjadi tidak normal, siklus pun menjadi kacau. 

Untuk mengetahui apakah Anda memiliki haid tidak teratur, sebaiknya buat catatan di kalender setiap kali mengalaminya. Jika kerepotan, ada Femometer yang siap membantu Anda. Yakni alat kecil yang akan mencatat perubahan suhu basal tubuh terkecil, siklus menstruasi, hingga aktivitas seksual. Dengan hasil yang mudah dipahami, akurat, dan praktis langsung tersambung melalui aplikasi di smartphone Anda.