Mau Kuliah Sambil Kerja? Ini Pekerjaan yang Cocok Buat Mahasiswa

0
41
kuliah sambil kerja
kuliah sambil kerja

Setelah lulus SMA/SMK kebanyakan orang melanjutkan studinya ke perguruan tinggi baik itu swasta ataupun negeri. Lalu, ketika sudah menjadi mahasiswa tentunya banyak hal yang ingin dilakukan dan juga memiliki kebutuhan yang lebih dari ketika masa sekolah dulu. Maka dari itu beberapa mahasiswa memilih untuk menjalankan masa-masa kuliah sambil kerja paruh waktu untuk sekedar mengisi waktu atau memenuhi kebutuhan.

Namun, tidak semua mahasiswa bisa menyesuaikan jadwal kuliahnya dengan pekerjaan paruh waktunya sehingga tidak semua pekerjaan sesuai dengan mahasiswa. Berikut ini merupakan berbagai macam pekerjaan paruh waktu yang sesuai buat kamu mahasiswa yang ingin kuliah sambil kerja dan bisa juga menjadi penghasil tambahan bagi kehidupan mahasiswa.

kuliah sambil kerja
kuliah sambil kerja

(source:https://cdn.futuready.com/artikel/media/2019/12/18084302/ManagementTrainee-02.jpg)

1. Radio Announcer

Menjadi penyiar radio bisa menjadi salah satu alternatif mahasiswa yang sedang membutuhkan uang tambahan yang cukup menggiurkan. Selain jam siaran yang bisa menyesuaikan jadwal kuliah, kamu juga bisa mendapat ketenaran. Setelahnya portofolio sebagai mantan penyiar tentu akan lebih dilirik karena kemampuannya dalam bidang public speaking yang dibutuhkan oleh beberapa bidang.

Bekerja sebagai seorang entertainer seperti penyiar radio ini memiliki keunggulannya sendiri karena tidak perlu menjadi sarjana terlebih dahulu, sehingga segala kalangan bisa menjadi penyiar radio asalkan memiliki bakat, kemampuan, dan keinginan dalam bidang ini.

2. Freelance Writer

Selanjutnya adalah profesi sebagai penulis lepas. Pekerjaan yang satu ini dapat dikatakan cocok sekali untuk mahasiswa yang sedang mencari uang jajan tambahan. Menjadi freelance writer tidak terlalu membebani jadwal kuliah dan juga tugas-tugas mahasiswa yang sama padatnya karena kamu dapat bekerja dari tempat tinggalmu tanpa harus keluar rumah.

Menjadi penulis lepas ini juga bisa mengasah kemampuan kamu yang pastinya akan berguna ketika mengerjakan skripsi nantinya. Pekerjaan satu ini bisa kamu cari lowongannya di internet atau social media.

3. Barista

Profesi satu ini menjadi profesi yang cukup favorit di kalangan mahasiswa atau anak-anak muda di beberapa kota besar. Menjadi barista dapat dikatakan merupakan profesi yang keren di masa sekarang ini. Meningkatnya usaha coffee shop di berbagai kota berkat film ‘Filosofi Kopi’ juga berdampak pada banyaknya profesi barista yang menjadi incaran para mahasiswa yang ingin kuliah sambil kerja.

Menjadi barista berarti memiliki banyak kenalan baru dan juga memperluas jaringan pertemanan di dunia perkuliahan. Profesi ini sama seperti penyiar radio yang juga tidak membutuhkan ijazah karena siapapun dapat belajar menjadi barista asalkan memang sudah memiliki hobi dengan kopi dan keinginan kuat untuk belajar.

4. Guru Privat/Bimbel

Profesi ini merupakan profesi yang sangat cocok untuk kamu yang memiliki keunggulan dalam bidang akademis. Menjadi guru bukanlah hal yang mudah karena kamu benar-benar harus dituntut untuk mengajarkan muridmu hingga paham. Sekalipun itu sebagai guru les atau privat.

Pada umumnya mahasiswa akan mengambil kesempatan menjadi guru privat bahasa inggris, matematika, IPA, dan IPS. Mulai dari SD hingga SMA, paling tidak bisa mengajar salah satu diantara mata pelajaran yang nantinya akan diujikan di UN.

5. Proofreader

Selanjutnya adalah profesi yang mungkin jarang orang dengar atau ketahui. Pada dasarnya pekerjaan ini biasanya dikhususkan bagi mahasiswa yang mengambil jurusan pendidikan bahasa, sastra, atau jurnalistik.

Proofreader ini nantinya akan mengoreksi sebuah naskah yang berkaitan dengan keseragaman bahasa, memperhatikan kesalahan penulisan, dan kemudian mengoreksinya agar sesuai dengan ejaan yang disempurnakan.