Produk Gas Pipeline dan LPG PT Parna Raya

0
53
PT Parna Raya
PT Parna Raya

Anda mungkin sudah sering mendengar tentang perusahaan PT Parna Raya yang memiliki bisnis pada berbagai sektor. Diantaranya ialah bisnis perdagangan, pariwisata, transportasi, batu bara, mineral, gas, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sebagai salah satu perusahaan besar di Indonesia tidak heran kalau ekspor dan impor selalu melibatkan perusahaan ini.

Parna Raya memiliki anak perusahaan yang cukup banyak hingga tersebar ke Australia dan Singapura. Bahkan banyak perusahaan-perusahaan yang menjadi pelanggan dan mitra bisnis Parna Raya, termasuk perusahaan milik negara. Apalagi dalam layanan transportasi, Parna Raya menjadi andalan perusahaan industri swasta dan negara dalam hal pengangkutan dan pengiriman.

Produk Gas Pipeline dan LPG

Seperti yang telah disinggung di atas kalau PT Parna Raya memiliki bisnis energi dengan produk gas pipeline dan LPG. Bisnis energi ini didirikan pada tahun 2000 oleh anak perusahaan Parna Raya, yaitu PT Parna Raya Niaga. Perusahaan ini . diketahui telah mengoperasikan distribusi gas melalui dua jaringan pipa. Pipa gas ini terletak pada dua wilayah industri, yaitu Bontang, Kalimantan Timur dan Cibitung, Jawa Barat.

  1. Gas Pipeline

Pipeline gas merupakan fasilitas penyalur gas berupa pipa. Pipa tersebut dibangun dalam rangka mendistribusikan gas dari hulu ke hilir. Pipa tersebut ukurannya bermacam-macam, dimulai dari 4 inci, 8 inci, 16 inci, 30 inci atau bisa lebih besar lagi. Pipeline gas yang digunakan Parna Raya dalam mendistribusikan gas  berdiameter 10 inci untuk pengangkutan volume gas sebesar 10 MMSCFD pada wilayah sekitar 10 km.

2. Gas LPG

LPG merupakan kepanjangan dari Liquified Petroleum Gas. Dalam pelafalan bahasa Indonesia biasanya disebut dengan elpiji. Arti dari elpiji sendiri yaitu gas minyak bumi yang dicairkan. Kita sering menemukan gas elpiji yang sudah dimasukkan ke dalam tabung bertekanan yang biasanya digunakan sebagai energi untuk kompor gas. Salah satu perusahaan yang mengolah minyak bumi ini yaitu Parna Raya. Perusahaan memasang pipa gas dari KM 53 Bontang hingga Kalimantan Timur atau KIE.

Itulah produk gas pipeline dan LPG yang dimiliki PT Parna Raya. Secara tidak langsung Parna Raya beserta anak perusahaan dan mitra bisnisnya terlibat aktif dalam mendukung pertumbuhan sektor industri minyak bumi dan gas di Indonesia.

Selain itu, bisnis ini membuka kesempatan bagi para investor dalam rangka membantu meningkatkan teknologi dalam distribusi gas agar semakin optimal. Bagi Anda yang ingin berinvestasi dalam sektor gas alam di Parna Raya, Anda bisa langsung mengunjungi website resminya.