Kelebihan Serta Kekurangan Listrik Prabayar dan Pascabayar

0
51
Bayar tagihan listrik
Bayar tagihan listrik

Sebagian besar masyarakat Indonesia masih menggunakan listrik pasca bayar sebelum akhirnya muncul sebuah inovasi dan cara baru dalam bayar tagihan listrik, yakni sistem prabayar. Inovasi yang dicanangkan PLN dengan nama “listrik pintar” ini memang sangat membantu banyak rumah tangga dalam hal kepraktisan dan mengatur tagihan listrik secara bijak. 

Namun di lain sisi, masih banyak masyarakat yang enggan untuk pindah dan masih bertahan dengan listrik pascabayar dengan berbagai alasan tertentu. Untuk itu, demi menambah wawasan kita tentang kedua jenis layanan listrik rumah tangga ini, berikut kita simak penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan masing-masing layanan dari bank Sinarmas berikut ini. 

Keunggulan:  Listrik Prabayar

Bayar tagihan listrik
Bayar tagihan listrik

Dengan adanya terobosan dan inovasi listirk pintar atau listrik prabayar ini, membuat tagihan listrik menjadi lebih murah. Dengan adanya sistem token atau pulsa listrik yang digunakan maka masyarakat pun bisa mengatur sendiri seberapa banyak penggunaan listrik rumah tangga mereka. Selain itu, tidak ada namanya denda jika Anda telah membayar tagihan listrik, karena listrik prabayar sudah memberlakukan sistem pembayaran mandiri di awal. 

Selain itu, keuntungan lain yang bisa didapatkan adalah proses yang mudah serta aman untuk dilakukan. Mulai dari urusan pembelian token listrik yang bisa dilakukan di mana saja,hingga proses memasukkan nomor atau kode pulsa ke dalam meteran yang bisa dilakukan sendiri. 

Dari segi keamanan lainnya, proses instalasi listrik prabayar ini juga tidak terlalu rumit dan akan muncul notifikasi atau peringatan pada mesin meteran jika terjadi sesuatu masalah, sehingga penghuni rumah bisa mengetahuinya secara dini. 

Kekurangan: Listrik Prabayar

Selain kelebihan tentu juga ada kekurangan yang dimiliki oleh listrik prabayar ini. Salah satunya adalah keadaan tiba-tiba mati listrik jika kuota listrik prabayar Anda telah habis. Sebelumnya, memang ada notifikasi yang bernada nyaring memberi tahu bahwasannya dalam waktu dekat kuota listrik Anda akan segera habis. Kadangkala juga bunyi yang nyaring ini cukup menggangu di telinga Anda dan juga tetangga. Kekurangan lainnya adalah Anda harus benar-benar mengontrol dan tahu kapan kuota listrik Anda akan habis. Karena jika tidak, listrik di rumah Anda akan mati secara mendadak. 

Keunggulan: Listrik Pascabayar

Walaupun listrik prabayar sudah hadir untuk memberikan cara baru dalam berlangganan listrik rumahan, namun ternyata masih banyak masyarakat yang masih memilih untuk tetap menggunakan listrik pascabayar karena beberapa keunggulan yang bisa mereka dapat. Diantaranya seperti ketersediaan listrik yang selalu ada hingga bayar tagihan listrik di akhir bulan . Adanya pengecekan rutin yang dilakukan oleh petugas PLN dianggap memberi rasa aman terhadap kepengurusan listrik. Dan tentunya, tidak perlu khawatir akan terjadi mati listrik secara tiba-tiba karena kuota listrik abis. 

Kekurangan:  Listrik Pascabayar

Sayangnya, listrik pascabayar pun juga memiliki beberapa kelemahan  diantaranya seperti denda yang harus dibayar jika Anda menunggak pembayaran tagihan listrik, dan jika terus menerus tidak membayar maka PLN pun akan otomatis memutus aliran listrik rumah Anda bahkan bisa secara permanen. 

Dan yang terpenting, kekurangan yang paling terlihat dari listrik pascabayar ini adalah pelanggan bisa terbuai dengan penggunaan listrik dan kurang bisa mengontrol seberapa besar pemakaian yang dilakukan. Dengan begini tagihan listrik pun bisa membengkak di akhir bulan. 

Demikianlah perbandingan antara kelebihan dan kekurangan dari listrik prabayar dan pascabayar. Lantas, yang manakah jadi pilihan Anda? Yang jelas, jenis berlangganan listrik apapun yang Anda pilih, Anda tetap bisa bayar tagihan listrik secara mudah dari manapun dan kapanpun lewat Simobiplus, aplikasi perbankan di smartphone Anda yang mengerti segala urusan tagihan dan keuangan Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website www.banksinarmas.com atau bisa mengunjungi link berikut ini https://www.banksinarmas.com/id/layanan/bayar-tagihan-melalui-bank-sinarmas

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!