Inilah Kisah Sukses Marihad Simbolon

0
29
Marihad Simbolon
Marihad Simbolon

Bapak Marihad Simbolon, atau yang dikenal dengan Pak Sim, adalah seorang pengusaha swasta nasional. Beliau mengawali kiprahnya di bidang bisnis sejak masih muda. Sekitar tahun 1972, Pak Sim sudah bekerja di Tanjung Priok. Saat itu, ia pun mulai melirik adanya peluang usaha di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, yaitu dalam bisnis transportasi. Dari sanalah ia mulai mendirikan perusahaan yang diberi nama Parna Raya Group. Ia pun kemudian mengawali bisnisnya tersebut dengan 1 unit truk dan modal tekad yang kuat. Kendaraan niaga yang ia miliki tersebut, pertama kali digunakan untuk mengangkut barang dari kapal di Pelabuhan Tanjung Priok. Setelah beberapa lama, beliau kemudian menambah armada transportasi hingga ratusan unit truk yang beroperasi.

Marihad Simbolon
Marihad Simbolon

Bisnis transportasi Parna Raya menjadi embrio perusahaan yang ia dirikan. Pada sekitar tahun 90an, beliau membeli sebuah kapal untuk menambah armada transportasinya hingga ke laut. Kapal yang ia beli sebanyak 3 buah yang diberi nama Parnaraya-8, Parnaraya-`18 dan Parnaraya-32. Bapak Marihad Simbolon kemudian melirik bidang usaha lainnya, lalu kemudian mendirikan perusahaan yang ia beri nama PT. Kaltim Parna Industri (KPI). KPI adalah perusahaan yang bergerak dalam industri petrokimia.

Setelah sukses dengan KPI, ada beberapa anak perusahaan lagi yang ia dirikan. Hingga saat ini, Parna Raya Group memiliki 5 pilar bisnis yaitu petrokimia, investasi, logistik, migas, dan energi. Anak-anak perusahaannya pun tersebar di berbagai daerah, mulai dari Sumatera, Kalimantan, Pulau Jawa, dan beberapa perusahaan lainnya yang terletak di Australia dan Asia Tenggara. Meski memiliki banyak perusahaan di berbagai daerah, Parna Raya Group memiliki basis perusahaan di Jakarta. Kesuksesannya ini berawal dari kegigihan dan semangatnya mengemembangkan usaha kecilnya yang bergerak dalam industri transportasi. Lalu kemudian, kini tumbuh semakin besar dan bergerak di berbagai bidang industri di tanah air.

Itulah kisah sukses dan inspiratif dari pendiri PT. Parna Raya Group yang sukses dengan hanya bermodalkan 1 unit truk saja. Kisahnya bisa menjadi sumber inspirasi bagi kita semua yang saat ini sedang menjalankan sebuah usaha.