Ini Dia Tahap Mengenali Kecerdasan Anak dengan Mudah

0
40
kecerdasan anak
kecerdasan anak

Salah satu hal yang tidak bisa dilewatkan oleh para orang tua dalam mengasuh anak adalah mengenali bakat serta minat anak. Jika orang tua bisa memahaminya sejak dini maka akan sangat bermanfaat sekali dalam mengarahkan dan mengembangkannya. Dimana nantinya, bakat serta minat tersebut akan menjadi bekal baginya untuk bertahan hidup serta meraih kesuksesan. Dan bukan tidak mungkin akan memberi dampak bagi masyarakat luas saat dewasa nantinya.

Lantas, bagaimana mengetahui kecerdasan anak dan mengasah serta menemukannya?

kecerdasan anak
kecerdasan anak

Memberikan stimulus

Memberi rangsangan pada anak agar ia mampu bereksplorasi terhadap segala hal yang ditemui. Kenalkan dengan berbagai kegiatan seperti olahraga, musik, hobi dan berbagai jenis hal lainnya yang ada di sekelilingnya. Jangan lupa, perhatikan cara pendekatannya agar si kecil merasa senang dan nyaman saat melakukannya.

Memperhatikan tingkah laku si kecil

Pada tahap ini ada baiknya orang tua mulai melihat apa yang disenangi oleh anak. Berapa kali ia mencoba melakukannya atau lebih merasa tertarik untuk mencoba lebih banyak. Misalnya saja saat si kecil diajak untuk berolahraga maka lihatlah apa yang menjadi ketertarikannya.

Memperhatikan kecerdasan anak

Perlu bunda ketahui bahwa ada 9 kecerdasan yang dimiliki anak mulai dari bahasa, visual spasial, logika matematika, interpersonal, naturalis dan kecerdasan eksistensial. Nah, dari beberapa kecerdasan ini nantinya para orang tua bisa melihat sejauh mana minat dan bakat anak. Bisa saja si kecil kurang menyukai pelajaran berhitung namun lebih menyukai kegiatan senam misalnya.

Memberi ruang untuk eksplorasi

Setelah orang tua menemukan apa yang menjadi minat dan bakat anak maka selanjutnya adalah memberikan ruang baginya untuk mengekspresikan segala kemampuannya. Dekatkan anak dengan suasana yang ia sukai sehingga secara tidak langsung akan merangsang pola pikir dan aktivitasnya.

Memberi dukungan positif

Apapun usaha yang sedang dikerjakan oleh si kecil sebaiknya para orang tua terus mendukungnya sepenuh hati. Keluarga besar dan lingkungan sangat berperan besar dalam mengembangkan bakat si kecil. Untuk itu, beri dukungan positif tanpa mengecilkan usaha sekecil apapun yang dilakukan oleh anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here