5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membuka Deposit

0
54
Apa itu deposito

Bagi masyarakat umum, untuk menyimpan dana mereka perbankan, biasanya lebih menggunakan tabungan. Memang, produk perbankan ini memang lebih banyak orang mengetahui dari jenis produk lainnya. Padahal, dalam penyimpanan dana, ada produk deposito yang juga bisa digunakan oleh para nasabah. Apa itu deposito?

Deposito adalah sejumlah uang yang disimpankan atau dititipkan pada rekening bank. Memiliki jangka waktu penyimpanan dan dalam jangka waktu tersebut, nasabah tidak bisa menarik dana kecuali jika ingin mendapat penalti,

Apa itu deposito
Apa itu deposito

Saat ini, deposito bukan hanya digunakan untuk menyimpan dana saja, tetapi juga sebagai investasi. Mengapa bisa begitu?

Biasanya deposito menawarkan bunga yang tinggi, berkisar antara 3% sampai dengan 5%. Dengan pemberian bunga deposito ini, nasabah mendapatkan keuntungan. Hal inilah yang menjadikan produk perbankan ini dapat dikatakan investasi. 

Selain itu, deposito juga termasuk investasi aman tanpa terpengaruh perubahan suku bunga. Rate bunga yang telah disepakati di awal  perjanjian deposito, tidak akan berubah pada saat pencairannya kelak. 

Untuk Anda yang tertarik apa itu deposito berjalan, patut mengetahui beberapa hal ini terlebih dahulu.

  • Adanya perbedaan konsep antara deposito dan tabungan

Meskipun kedua produk ini memiliki fungsi yang sama, yaitu menyimpan dana nasabah pada konsep yang berbeda antara keduanya. Terutama dalam hal penyimpanan dan penarikan.

Untuk tabungan sendiri, nasabah yang membuka rekening ini bisa melakukan penarikan dan penyimpanan kapanpun yang diinginkan. Tidak ada keterikatan waktu ataupun perjanjian jangka waktu. Transaksi keuangan yang terjadi pun lebih bebas.

Sedangkan untuk deposito, nasabah yang membuka rekening ini diatur oleh perjanjian atau jangka waktu yang telah disepakati dalam penarikan dananya. Selama jangka waktu perjanjian masih berjalan, nasabah tidak diperkenankan untuk mengambil dananya dari rekening.

  • Suku bunga deposito lebih tinggi

Meski nasabah yang membuka rekening deposito tidak dapat mengambil dana yang disimpan selama jangka waktu tertentu, tetapi bunga yang diberikan untuk penyimpanan dana begitu tinggi. Bisa dijadikan sebagai investasi. Berbeda halnya dengan bunga tabungan yang terbilang sangat rendah.

  • Ada penalti jika menarik dana tidak sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati

Sebaiknya, dana yang Anda depositokan adalah dana yang tidak terpakai atau simpanan yang jarang digunakan. Karena, jika Anda termasuk pengguna transaksi keuangan yang aktif, produk ini tidak dianjurkan.

Selama periode jangka waktu deposito, jika nasabah ingin mengambil dana lebih cepat daripada waktu yang telah ditetapkan, akan ada biaya atau pemotongan dana simpanan. Hal ini sering dikenal sebagai penalti. Setiap perbankan memiliki nilai penalti yang berbeda sesuai dengan kebijakan yang mereka miliki. 

  • Dijamin oleh pemerintah

Deposito merupakan investasi yang rendah resiko. Selain bunga deposito flat, juga perubahan rate tidak terlalu mempengaruhi bunga deposito dan hanya berubah dalam kurun empat bulan sekali. Selain itu, hal penting yang perlu Anda ketahui adalah produk perbankan ini dijamin oleh pemerintah. Misalkan saja, terjadi gonjang-ganjing atau perusahaan mengalami pailit, dana Anda akan tetap aman dan dijamin pemerintah. Hanya saja, besaran dana yang dijamin tidak lebih dari Rp2 miliar.

  • Mengetahui perhitungan bunga deposito

Sebelum Anda melakukan investasi sejumlah uang melalui deposito, ada baiknya mengetahui perhitungan keuntungan yang bisa Anda dapatkan. 

Kita ambil saja contoh perhitungan bunga deposito di Bank Sinarmas.

Misal, jumlah uang yang didepositokan senilai Rp500.000 dengan jangka waktu 36 bulan, rate bunga yang Anda dapatkan adalah 5,75%.

Rumus yang digunakan dalam penghitung ini adalah:

Bunga deposito = jumlah uang simpanan x bunga per tahun x tenor : 12.

Jadi, dapat dana deposito dapat dimasukan ke rumus dengan cara begini:

Bunga deposito = 500.000 x 5,75% x 36 : 12 = 86.250 (keuntungan yang didapat setiap bulannya)

Dengan perhitungan seperti ini, Anda sudah mengetahui bukan, total dana yang diterima saat jangka waktu deposito berakhir?

Jangan lupa, dari total keuntungan investasi ini setelah di total, akan ada pemotongan pajak sebesar 20%. Bahkan dengan pemotongan ini, Anda tetap mendapatkan keuntungan.

Demikian yang perlu Anda ketahui mengenai apa itu deposito. Semoga bermanfaat. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here